Wednesday, 7 May 2014

PROSEDUR DAN PERSYARATAN PERKULIAHAN SEMESTER PENDEK UNP TAHUN 2014

Sesuai Kalender Akademik Universitas Negeri Padang tahun 2014/2015 pada libur semester Januari–Juni
2014 dibuka perkuliahan Semester Pendek (SP) yang kegiatannya dilaksanakan mulai tanggal 16 Juni s.d
7 Agustus 2014dengan ketentuan sebagai berikut:

A.  Perkuliahan SP dilaksanakan satu kali dalam setahun,yaitu pada libur semester Januari – Juni 2014
B.  Pada  prinsipnya  perkuliahan  SP  bertujuan  untuk  membantu  mahasiswa  mempercepat  penyelesaian
studi dan dapat dilaksanakan atas permintaan mahasiswadengan prosedur dan persyaratan sebagai
berikut :

  1. Sebelum  kegiatan  SP  dilaksanakan,  Program  Studi  mengelola  secara  kolektif  pelaksanaan perkuliahan SP yang diawali dengan entri jadwal kuliah  onlinedi  http://sia.unp.ac.id tanggal 16 s.d. 20 Juni 2014
  2. Besar pembayaran SP per SKS Rp 50.000,- (Lima puluhribu rupiah) dan dibayarkan melalui Bank Nagari secara onlinepada tanggal 23 s.d. 25 Juni 2014
  3. Pengambilan mata kuliah SP pada Portal Akademik tanggal 24 s.d. 27 Juni 2014
  4. Bagi yang batal mengambil mata kuliah SP, uang yangsudah dibayar di Bank Nagari tidak dapat dikembalikan lagi 
  5. Mata kuliah SP yang sudah ditawarkan oleh jurusan/program studi tidak dapat dibatalkan 
  6. Jumlah SKS yang diambil mahasiswa maksimal 9 SKS
  7. Lama perkuliahan SP efektif  16 kali pertemuan tatap mukamulai tanggal  30 Juni s.d. 26 Juli 2014
  8. Jumlah mahasiswa untuk 1 (satu) kelas minimal 15 orang. Apabila jumlah kurang dari 15 orang, maka perkuliahan dapat dilaksanakan dengan catatan besarnya pembayaran dengan perhitungan 15 orang, yang ditanggung oleh jumlah peserta 
  9. Semua mata kuliah dapat diambil pada SP, kecuali bagimata kuliah yang ada pratikumnya hanya dapat diambil oleh mahasiswa yang ingin memperbaiki nilai atau mengulang 
  10. Mata  kuliah  Magang,  Praktek  Lapangan  Industri,  Praktek  Lapangan  Kependidikan  dan  Non Kependidikan, Skripsi/Makalah/Proyek Akhir/Tugas Akhir tidak dapat dilaksanakan untuk SP 
  11. Mahasiswa yang boleh mengikuti SP ialah mahasiswa yang telah mengikuti perkuliahan minimal dua semester 
  12. Entri  nilai  SP  oleh  Dosen  melalui  Portal  akademik  (http://portal2.unp.ac.id) secara  online tanggal 4 s.d. 6 Agustus 2014
  13. Dalam pemberian nilai SP tidak dibenarkan nilai BL atau nilai kosong (tidak ada komplain nilai) 
  14. Pengaksesan  nilai  SP  oleh  mahasiswa  tanggal  7  Agustus  2014  melalui  Portal  Akademik Universitas Negeri Padang.
Lampiran Edaran Semester Pendek oleh Rektor UNP, download DISINI
Sumber : Situs BAAK UNP

Sunday, 16 March 2014

Informasi Umum Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014

Informasi pendaftaran SNMPTN bagi calon mahasiswa Baru tahun 2014, silahkan mendaftar, pendaftaran hingga 31 Maret 2014

Latar Belakang

Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa serta tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi.
Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan setelah SMA/SMK/MA/MAK menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan prestasi akademik. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di PTN.
Sekolah sebagai satuan pendidikan dan guru sebagai pendidik diyakini selalu menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran sebagai bagian dari prinsip pendidikan berkarakter. Dengan demikian sekolah seharusnya melakukan kewajiban untuk mendorong dan mendukung siswanya dalam proses pendaftaran siswanya.

Tujuan

Tujuan SNMPTN adalah:
  • memberikan kesempatan kepada seluruh anak bangsa yang berprestasi akademik tinggi untuk memperoleh pendidikan tinggi.
  • mendapatkan calon mahasiswa baru terbaik melalui seleksi siswa yang mempunyai prestasi akademik tinggi di SMA/SMK/MA/MAK, termasuk Sekolah RI di luar negeri.

Ketentuan Umum

  • SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya.
  • Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswanya.
  • Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam SNMPTN adalah sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan yang mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
  • Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
  • Siswa pelamar wajib membaca ketentuan yang berlaku pada masing-masing PTN di laman PTN yang dipilih.

Ketentuan Khusus

Persyaratan Sekolah

Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:
  • SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri yang mempunyai NPSN.
  • Telah mengisi PDSS

Persyaratan Siswa Pelamar

Pendaftaran

Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir pada tahun 2014 yang:
  • mengikuti UN pada tahun 2013 atau 2014,
  • memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar pada PDSS,
  • memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (semester 4 untuk kelas akselerasi) yang telah diisikan pada PDSS.

Penerimaan

Lulus Ujian Nasional dan Satuan Pendidikan, lulus SNMPTN 2014, sehat jasmani dan rohani, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Tata Cara Mengikuti SNMPTN

Tata cara mengikuti SNMPTN dilakukan melalui dua tahap, yaitu (1) pengisian PDSS oleh sekolah dan verifikasi oleh siswa, dan (2) pendaftaran.

Pengisian dan Verifikasi PDSS

  • Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.
  • Kepala Sekolah mendapatkan password setiap siswa yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.
  • Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah.
  • Siswa yang tidak melaksanakan verifikasi maka data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

Pendaftaran

  1. Siswa Pelamar, menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah pada waktu verifikasi data di PDSS, login ke laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  2. Siswa Pelamar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa pelamar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.
  3. Pelamar program studi keolahragaan dan seni harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan yang diisi oleh Kepala Sekolah dan/atau siswa menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman http://www.snmptn.ac.id.
  4. Siswa pelamar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.
    Sekolah dan/atau siswa pelamar yang mengalami kesulitan akses Internet, proses pengisian PDSS maupun pendaftaran dapat dilakukan di Plasa Telkom dan/atau Kantor Pos online di seluruh Indonesia.

Jadwal SNMPTN

Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut:
Pengisian PDSS 6 Januari – 6 Maret 2014
dan selanjutnya diisikan secara berkala tiap akhir semester
Pendaftaran 17 Februari – 31 Maret 2014
Proses Seleksi 1 April – 26 Mei 2014
Pengumuman Hasil Seleksi 27 Mei 2014
Pendaftaran Ulang di PTN
masing-masing bagi yang lulus seleksi
17 Juni 2014
bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2014

Program Studi dan Jumlah Pilihan

  • Setiap siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN. Apabila memilih 2 (dua) PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya, atau dari provinsi terdekat bila belum terdapat PTN pada provinsi asalnya. Apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun.
  • Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal 2 (dua) program studi.
  • Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  • Siswa SMK/MAK hanya diijinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN.
  • Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2014 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

Biaya Seleksi

Biaya seleksi ditanggung Pemerintah, sehingga siswa pelamar tidak dikenai biaya seleksi.

Prinsip dan Mekanisme Seleksi

Prinsip Seleksi

Seleksi dilakukan berdasarkan prinsip:
  • mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor, prestasi-prestasi akademik lainnya, dan hasil ujian nasional,
  • memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah,
  • menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN secara objektif, adil, dan akuntabel; sehingga daya tampung PTN tidak harus dipenuhi.

Mekanisme Seleksi

Seleksi dilakukan dengan mekanisme sebagai berikut:
  • Siswa pelamar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi.
  • Siswa yang memilih dua PTN, apabila dinyatakan tidak lulus pada PTN pilihan pertama, maka akan diseleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi dan ketersediaan daya tampung.

Sanksi Bagi Sekolah dan/atau Siswa yang Melakukan Kecurangan

Penerapan secara tegas bagi calon mahasiswa dan/atau sekolah yang melakukan kecurangan dengan sanksi sebagai berikut:
  • Sekolah yang melakukan kecurangan tidak diikutsertakan dalam SNMPTN tahun berikutnya
  • Siswa yang melakukan kecurangan pada tahun 2014 dibatalkan status kelulusan SNMPTN.

Laman Resmi dan Alamat Panitia Pelaksana

  • Informasi resmi mengenai SNMPTN dapat diakses melalui laman http://www.snmptn.ac.id.
  • Informasi resmi lainnya juga dapat diperoleh melalui http://halo.snmptn.ac.id, dan call center 08041450450.
  • Informasi juga dapat diperoleh dari humas Perguruan Tinggi Negeri terdekat.
  • Alamat Panitia SNMPTN 2014
    Gedung Rektorat Unpad,
    Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung 40135,
    Telepon (022) 842 88842,
    Faksimile (022) 842 88899

Lain-lain

  • Siswa pelamar dari keluarga kurang mampu dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan melalui program beasiswa Bidikmisi yang informasinya dapat diakses di laman http://bidikmisi.dikti.go.id.
  • Perubahan ketentuan yang berkait an dengan pelaksanaan SNMPTN Tahun 2014 akan diinformasikan melalui laman http://www.snmptn.ac.id.
Jadwal Kegiatan SNMPTN 2014
Kegiatan Periode
Periode pendaftaran oleh siswa pelamar 17 Februari 2014 jam 08:00 - 31 Maret 2014 jam 23:59 WIB
Periode melengkapi pendaftaran oleh siswa pelamar 17 Februari 2014 jam 08:00 - 31 Maret 2014 jam 23:59 WIB
Finalisasi pendaftaran oleh siswa, siswa dapat mulai mengunduh kartu peserta 17 Februari 2014 jam 08:00 - 31 Maret 2014 jam 23:59 WIB
Pengumuman Hasil SNMPTN 27 Mei 2014 jam 00:00 - 27 Mei 2014 jam 00:00 WIB

INFORMASI BEASISWA UNGGULAN KEMDIKBUD 2014 (BEASISWA S1,S2,S3 DALAM NEGERI & LUAR NEGERI)

Nah, ini yang selalu ditunggu - tunggu oleh semua orang, informasi beasiswa unggulan Dalam dan Luar negeri, berikut persyaratannya :

Persyaratan Program Beasiswa Unggulan
Silahkan mengisi formulir pendaftaran di halaman : www.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id
Kemdian Pilih Beasiswa Dalam atau Luar Negeri :

Persyaratan Beasiswa Unggulan Dalam Negeri

 
 
 Persyaratan Beasiswa Unggulan Luar Negeri
 
 
Mekanisme Beasiswa Unggulan