Thursday 23 April 2015

Info Pendaftaran CPNS

Pendaftaran CPNS 2015 Dibuka Bulan Juli

1. Pemerintah menjadwalkan akan menetapkan formasi CPNS tahun 2015 instansi pusat dan daerah pada Juli mendatang.

2. Untuk pelaksanaan seleksi CPNS dari jalur umum maupun honorer kategori dua (K2) digelar Agustus 2015

3. Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB, Bapak Setiawan Wangsaatmaja mengatakan "Cepat atau lambat penetapan formasi CPNS 2015 tergantung dari data-data yang masuk lewat e-formasi cepat atau tidak. Kalau molor, otomatis formasinya juga lama ditetapkan,"

4. daerah yang mendapatkan formasi CPNS sudah melengkapi analisa jabatan dan beban kerja, perencanaan pegawai selama lima tahun, belanja pegawainya maksimal 40 persen.

5 Formasi CPNS 2015 akan dibuka untuk formasi tenaga pendidik, kesehatan, dan fungsional tertentu seperti penyuluh dan lain lain

6. Informasi pendaftaran CPNS 2015 selanjutnya bisa dibaca pada situs resmi : http://www.lowongankerja15.com/2015/04/pendaftaran-cpns-2015-dibuka-bulan-juli.html

7. Dikabarkan bahwa Kuota formasi CPNS Tahun 2015 di bawah 100 ribu orang

8. Prediksi soal soal terbaru Ujian CPNS 2015 dengan sistem CAT pelajarin disitus resmi : www.soalkerja.com

Sumber : teman bbm

Thursday 5 February 2015

Surat Edaran Pembantu Rektor 1 tentang Pemberian Surat Keterangan Pendamping Ijazah bagi Wisudawan Periode 102 (Maret 2015)

Dalam rangka mengimplementasikan Permendikbud Nomor 81 Tahun 2014 tentang Pemberian Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), maka pada wisuda periode ke-102 (Maret 2015) ini Universitas Negeri Padang(UNP) menerbitkan SKPI yang berisi informasi mengenai pencapaian akademik dan kualifikasi dari lulusan UNP, selain itu SKPI juga berisi informasi tambahan mengenai prestasi yang dicapai oleh mahasiswa yang bersangkutan selama berkuliah di UNP.

Oleh karena itu dengan ini kami sampaikan kepada seluruh calon wisudawan/wati Universitas Negeri Padang periode Maret 2015 untuk melakukan proses input data prestasi yang dicapai selama menjadi mahasiswa UNP di aplikasi SIPRESMA (sipresma.unp.ac.id) dari tanggal 6 s.d. 15 Februari 2015. Data yang masuk setelah tanggal 15 Februari 2015 tidak diterima dan tidak dicetak di dalam SKPI.

Mekanisme proses input data untuk Surat Keterangan Pendamping Ijazah(SKPI) :
  1. Mahasiswa masuk ke sipresma.unp.ac.id untuk mengunggah data prestasi dan scan dokumen bukti prestasinya sesuai dengan ketentuan yang ada.
  2. Setelah mengunggah data prestasi dan scan dokumen bukti prestasi, mahasiswa diharuskan  membawa dokumen bukti prestasi yang asli ke validator sipresma di fakultas masing-masing untuk divalidasi.
  3. Apabila prestasi mahasiswa disetujui oleh validator, maka prestasi tersebut akan ditampilkan/dicetak di SKPI yang akan diterima mahasiswa pada saat wisuda.
Ctt: Mahasiswa yang melakukan proses input data prestasi ke sipresma diharapkan untuk membaca Surat edaran Pembantu Rektor 1 mengenai ketentuan Prestasi dan Dokumen Bukti Prestasi yang dapat di-download di bawah ini. Prestasi yang tidak memenuhi ketentuan yang berlaku tidak akan dicetak di SKPI.
AttachmentSize
Surat Edaran PR1 Tentang Ketentuan Prestasi untuk SKPI.pdf118.14 KB

Friday 2 January 2015

Informasi pendaftaran Program Teacher Training

Program Penataran Guru (Teacher Training Program) adalah salah satu program beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) yang dirancang khusus bagi para guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran sesuai dengan bidangnya. Mereka akan diberikan pelatihan dalam cara mengajar, pembuatan rencana belajar-mengajar yang lebih efektif dan menarik minat siswa dan hal-hal lain yang dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan para guru. Program ini adalah program non-gelar dan lamanya adalah 1 tahun 6 bulan (termasuk 6 bulan belajar bahasa Jepang) dari Oktober 2015.
Fasilitas yang didapat:
  1. Tanpa ikatan Dinas
  2. Tiket pesawat kelas ekonomi p.p. Indonesia (Jakarta) – Jepang (Tokyo/Osaka)
  3. Full cover biaya pendidikan, full cover biaya pembuatan visa pelajar
  4. Tunjangan hidup sebesar ¥ 143.000 per bulan, yang diberikan setiap akhir bulan selama masa studi di Jepang (ada kemungkinan jumlah tunjangan akan mengalami perubahan)
  5. Peserta disediakan asrama yang pembayarannya diatur sendiri oleh penerima beasiswa

Syarat-syarat pelamar:
  1. Memiliki dedikasi yang tinggi sebagai seorang guru/pengajar
  2. Lulusan minimal S1 atau D4
  3. Guru yang sedang aktif mengajar di lembaga pendidikan formal SD, SMP, SMA dan Sederajat (SMK, Madrasah, dsj), serta SLB
  4. Pelamar telah mengajar lebih dari 5 tahun di lembaga pendidikan formal pada tanggal 1 April 2015
  5. Semua bidang ditawarkan kecuali, PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Bahasa Arab, Pendidikan Agama, dan Perhotelan
  6. Usia di bawah 35 tahun pada tanggal 1 April 2015.
  7. Sehat jasmani dan rohani (bagi pelamar wanita tidak diperbolehkan dalam kondisi hamil saat melamar maupun saat keberangkatan)
  8. Bersedia belajar bahasa Jepang karena bahasa pengantar di universitas adalah bahasa Jepang

Dokumen yang diperlukan
(dokumen yang tidak lengkap dan yang tidak sesuai dengan ketentuan di bawah, tidak akan kami terima dan proses):
  1. Formulir aplikasi, harus diisi dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang (Download formulir aplikasi di sini)
  2. Pasfoto (harus ditempel pada formulir, ukuran foto lihat pada formulir aplikasi)
  3. Fotokopi Ijasah pendidikan terakhir (harus dalam bahasa Inggris dan dilegalisir resmi/dicap basah asli dari perguruan tinggi pelamar)
  4. Transkrip nilai (harus dalam bahasa Inggris dan dilegalisir resmi/dicap basah asli dari perguruan tinggi pelamar)
  5. Surat keterangan dari tempat mengajar yang menjelaskan bahwa pelamar adalah staf pengajar yang masih aktif mengajar dan disetujui mengikuti program beasiswa ini, Disertai keterangan masa mengajar (dari tanggal berapa hingga tanggal berapa), dan dicap basah asli oleh sekolah. Jika masa mengajar yang lebih dari 5 tahun terpisah dalam beberapa sekolah, lampirkan juga surat keterangan masa mengajar dari sekolah sebelumnya yang dicap basah asli dari sekolah sebelumnya tersebut, surat harus dibuat dalam bahasa Inggris (Contoh surat keterangan dari tempat mengajar, bisa didownload di sini)
  6. Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah mengenai pribadi pelamar, harus diisi dalam bahasa Inggris (Download form surat rekomendasi di sini)
* Semua dokumen ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang, dibuat masing-masing sebanyak 2 rangkap dan dibuat/diprint pada kertas ukuran A4


Cara Pelamaran :
  1. Pendaftaran dibuka pada 8 Desember 2014 dan ditutup pada 8 Januari 2015.
  2. Bagi pelamar, baik pegawai negeri maupun swasta dapat langsung menyerahkan/mengirimkan formulir yang telah diisi ke Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang dengan dilampiri dokumen yang diperlukan.
Formulir pendaftaran yang telah diisi beserta dokumen pelengkap dikirimkan ke :
Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
Jl. M. H. Thamrin 24
Jakarta 10350

Dan selambat-lambatnya harus tiba tanggal 8 Januari 2015. Mohon tuliskan kode “Teacher Training 2015” pada bagian kanan atas amplop.
  1. Bagi pelamar yang berstatus pegawai negeri tetap harus melapor dan menyerahkan fotokopi formulir kepada Biro Kerjasama Luar Negeri (BKLN), Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Tahap Penyeleksian :
  1. Seleksi Berkas. Pengumuman hasil seleksi berkas akan ditampilkan di website Kedutaan Besar Jepang pada tanggal 3 Februari 2015.
  2. Seleksi ujian tertulis adalah ujian bahasa Inggris (khusus untuk guru bahasa Jepang: ujian bahasa Jepang).
  3. Bagi yang lulus seleksi ujian tertulis akan dipanggil untuk mengikuti wawancara di Jakarta.
  4. Bagi yang lulus wawancara akan direkomendasikan ke Monbukagakusho.
  5. Mereka yang lulus seleksi keseluruhan akhir di Monbukagakusho akan menjadi penerima beasiswa. Pengumuman final akan diumumkan pada bulan Agustus 2015.
Contoh Universitas & Bidang Study
Untuk pilihan universitas & bidang studi program teacher training, bisa dilihat di website berikut.
  1. Daerah Hokkaido hingga Chubu
    (link : http://www.studyjapan.go.jp/pdf/toj2013/guide01en.pdf)
  2. Daerah Kinki hingga Okinawa
    (link : http://www.studyjapan.go.jp/pdf/toj2013/guide02en.pdf)

    Sumber : FIS UNP

Informasi Beasiswa Van Deventer-Maas Stichting (VDMS)

Diberitahukan kepada mahasiswa Universitas Negeri Padang, informasi pendaftaran dan seleksi beasiswa Van Deventer-Maas Stichting (VDMS) tahun akademik 2015/2016 sebagai berikut :

1.      Jadwal pendaftaran mulai dari tanggal 10 Februari s.d. 10 Maret 2015.
2.      Pendaftaran dilakukan secara online di alamat www.vdmsdata.org/ers
3. Kode Universitas dapat diakses di alamat www.vandeventermaas.org/en/grants
4.      IPK minimal 3,00 (tiga koma nol nol)
5.     Bagi mahasiswa dengan jenjang program studi S1 minimal telah duduk di semester II (dua) dan maksimal semester VI (enam).
6.    Bagi mahasiswa dengan jenjang program studi D3 minimal telah duduk di semester II (dua) dan maksimal semester IV (empat).
7. Jangka waktu pemberian beasiswa maksimal sampai semester VIII (delapan) untuk jenjang program studi S1 dan untuk jenjang program studi D3 maksimal sampai semester VI (enam)
8. Penerima beasiswa VDMS akan mendapatkan support terbaik dari VDMS berupa :
a.   Bantuan biaya hidup sebesar Rp 420.000 (empat ratus dua puluh ribu rupiah) per bulan.
b.      Bonus kelulusan
c.       Bonus TOEFL
d.  Kegiatan Capacity Building seperti Leadership Conference, Start a Bussiness, Regional Meeting, dan kegiatan lainnya bagi mahasiswa penerima beasiswa VDMS terbaik.
e.  Student Monitoring System dan Coaching, bantuan konseling bagi mahasiswa penerima VDMS yang memiliki permasalahan dalam perkuliahan.
f.  Apabila mahasiswa penerima VDMS telah menamatkan perkuliahan, mahasiswa tersebut akan tergabung dalam forum alumni VDMS se-Indonesia.
9.      Melengkapi dokumen persyaratan sebagai berikut :
a.      Surat keterangan kurang mampu (SKTM) dari kelurahan.
b.      Surat keterangan penghasilan orangtua dari kelurahan.
c.       LHS semester Juli-Desember 2014 dan Historis nilai.
d.     Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), Kartu Tanda Penduduk (KTP), rekening listrik.
e.      Fotokopi Kartu Keluarga.
f.        Fotokopi rekening bank yang masih aktif dan atas nama sendiri.
g.    Membuat sebuah motivation letter atau essay yang ditulis dengan kata-kata sendiri (bukan salinan/copy-paste dari internet) yang memuat :
·         Biodata pribadi, keluarga, studi, kegiatan sosial, dan penghargaan yang pernah diterima.
·         Mengapa VDMS harus memilih Saudara sebagai penerima beasiswa VDMS?
·         Apa manfaat yang ingin Saudara peroleh setelah menjadi penerima beasiswa VDMS?
·         Apa kegiatan sosial yang ingin Saudara lakukan sebagai penerima beasiswa VDMS.
Motivation letter atau essay tersebut minimal 1,5 (satu koma lima) halaman kertas ukuran A4, Jenis huruf Times Now Roman, ukuran huruf  11 (sebelas), dan spasi  1 (satu).
10.  Mohon dengan cermat mengikuti setiap tahapan seleksi. Apabila ada pertanyaan silahkan konfirmasi atau menghubungi :
a.      Person in Charge (PIC) VDMS Universitas Negeri Padang, Bapak Arif Boy Wilson di bagian Kemahasiswaan BAAK Universitas Negeri Padang, No. telepon 081267380607 (hari Senin s.d. Kamis pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB, hari Jum’at pukul 08.00 s.d. 14.30 WIB), Email : arifboywilson@gmail.com atau abwilson@baak.unp.ac.id.
b.      VDMS Call Centerline telephone di 0858-8892-7960 (hari Senin s.d. Jum’at : 09.00-17.00 WIB), email : deventer@cbn.net.id. Website : www.vandeventermaas.org, Twitter : @vandeventermaas
Demikianlah pengumuman ini, atas perhatian Saudara, disampaikan terima kasih.
Kepala Bagian Kemahasiswaan
Drs. Sudiro Sembiring


Sumber : BAAK UNP

Jadwal Pengambilan Pedoman Akademik Universitas Negeri Padang Tahun Akademik 2014/2015

Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa baru Universitas Negeri Padang tahun masuk 2014, agar mengambil Compact Disk (CD) berisi Pedoman Akademik dan Panduan Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa Universitas Negeri Padang tahun akademik 2014/2015 di kantor BAAK Universitas Negeri Padang mulai tanggal 29 Desember 2014 s.d. 15 Januari 2015.

Sumber : BAAK UNP

INFORMASI KALENDER AKADEMIK UNP SEMESTER JANUARI-JUNI 2015

Selamat liburan Semester, jangan lupa untuk cek kembali kalender akademik,
Sehubungan dengan akan berakhirnya kegiatan administrasi dan perkuliahan untuk semester Juli - Desember 2014 dan akan memasuki semester Januari - Juni 2015, maka untuk mengakomodir dan demi kelancaran pelayanan administrasi danakademik. Maka, kami menerbitkan jadwal pelayanan untuk semester Januari - Juni 2015.
Dalam jadwal pelayanan ini ada beberapa jadwal pelayanan berupa entri nilai, pengisian KRS, pelayanan wisuda maret dan lain sebagainya, untuk lebih jelasnya silahkan di unduh disini
terima kasih

Sumber : BAAK UNP