Saturday 29 June 2013

Universitas Negeri Padang Raih Peringkat 3 Besar Terbaik Se-Indonesia dalam MTQ Mahasiswa Nasional XIII

Alhamdulillah
Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Mahasiswa Nasional yang ke-XIII berakhir sudah. Kegiatan tersebut berakhir ditandai dengan ditutupnya secara resmi kegiatan selama seminggu berturut-turut tersebut oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Musliar Kasim, di GOR H Agus Salim, Jumat (28/6).



Dengan berakhirnya kegiatan tersebut, maka tibalah saat yang dinanti-nantikan dalam setiap perlombaan. Dimana para peserta akan berharap bahwa ia akan menjadi yang terbaik dari peserta yang lainnya. Namun sayang, kegiatan yang menjadikan dua universitas ternama di Sumatera Barat ini, yaitu Universitas Andalas (Unand), dan Universitas Negeri Padang (UNP) tidak memunculkan nama tuan rumah sebagai juara umum. Yaitu penghargaan yang paling bergengsi dalam setiap kompetisi. Prestasi tersebut harus rela jatuh ke tangan Universitas Negeri Malang. Namun meskipun demikian, Sumbar masih tetap berbangga dan bisa menebarkan senyuman yang lebar. Hal tersebut dikarenakan, UNP sebagai tuan rumah yang menyandang nama Sumbar, berhasil meraih posisi tingkat Tiga besar pada kegiatan tersebut. Yang sekaligus membuktikan bahwa UNP adalah salah satu Universitas terbaik dari 127 perguruan tinggi, di 32 provinsi Indonesia yang ikut dalam perlombaan tersebut.


Hal tersebut tentunya menjadi suatu yang mewakili kebanggaan bagi'urang awak'. Dimana hal itu menjadi suatu bukti bahwa Sumbar masih memiliki anak-anak muda yang peduli, dan berprestasi dalam syariat Islam, dan Al-Quran. Humas UNP, Amril Amir mengatakan, bahwa terpilihnya UNP meraih peringkat ketiga tesebut setelah memenangkan beberapa cabang perlombaan yang diadakan. "Semua itu dapat terjadi setelah kita memenangi beberapa cabang perlombaan. Dimana hasil tersebut yang berupa poin akan digabungkan, lalu dibandingkan dengan poin yang dimiliki universitas lainnya," jelasnya.

Perlombaan yang dimenangi tersebut, lanjutnya, adalah cabang tartil Quran putra, yaitu atas nama Rian Vebtriona. Juara dua dalam cabang Khatil Quran putri, atas nama First Putri Yandi. Juga juara II dalam cabang Kaligrafi perempuan yang dipersembahkan oleh Annisa Kurniawati. Dan terakhir adalah Qori Harapan I yang didapatkan oleh M Wahyudi Hussein. "Mereka adalah anak-anak muda yang membanggakan," jelas Amril Amir puas.

Amril Amir juga menambahkan, bahwa ada sepuluh besar universitas yang dipilih menurut poin tersebut. Urutan lengkap kesepuluh universitas tersebut adalah Universitas Negeri Malang, yang memperoleh juara umum. Diurutan kedua adalah Universitas Sumatera Utara. Dilanjutkan dengan UNP pada urutan ketiga. Peringkat empat besar diisi oleh Universitas Muhammadiyah Indonesia. Posisi lima ditempati oleh Universitas Syaf Kuala. Posisi enam, tujuh, dan delapan diisi masing-masing oleh UIN Syarif Hidyatullah Jakarta, Universitas Medan, dan Universitas Riau. Sedangkan peringkat sembilan, dan sepuluh diisi oleh Universitas Pattimura Ambon, dan Universitas Tanjung Pura.

Untu Unand sendiri, tidak berhasil mencapai sepuluh besar. Hal tersebut dikarenakan poin yang mereka miliki tidak sebanyak yang dimiliki oleh universitas lainnya. Dimana Unand tidak berhasil meraih posisi juara I dari kedua belas cabang yang diperlombakan. Unand berhasil memperoleh juara II pada cabang perlombaan Cabang Qiraat Sabah Quran. Juara harapan II pada cabang lomba karya tulis ilmiah. Harapan III pada cabang Hifzil Quran 2 juz. Dan Harapan III di cabang Qirat Sabaah Quran Qori. Selamat

Sumber : padang-today.com

No comments:

Post a Comment