Friday 14 March 2014

INFORMASI TATA CARA PENGURUSAN PRAKTEK LAPANGAN INDUSTRI (PLI) JURUSAN TEKNIK ELEKTRONIKA FT UNP

Urutan Langkah2 Pengurusan Praktek Lapangan Industri berdasarkan informasi dari teman2 yang sudah melaluinya :
1. Pastikan Sks sudah mencukupi 120sks / lebih
2. Print / Cetak KRS Semester 6
3. Jika Sks dibawah 120 , maka temui dosen pada mata kuliah yang nilanya belum keluar untuk minta di luluskan dengan membawa KRS semester 6 tersebut.
4.Jika nilanya BL, maka buat surat keterangan permohonan nilai kepada dosen ybs.
5.Setelah Sks terkumpul dan mencukupi, Buat MATRIKS NILAI Sesuai panduan akademik, jika ada yang nilainya belum keluar, namun dsudah diluluskan oleh dosen ybs, maka yang dimasukkan dalam matriks cukup sks nya saja, nilanya dikosongkan.Minta tanda tangan dosen penasehat akademik.
6.Survei Lokasi / Tempat yang memungkinkan menerima mahasiwa PLI, seperti (RRI, Semen padang, telkomsel, Indosat, Padang TV, singgalang, padang ekespress, balai kota, dinas pendidikan, dispora, kantor perpajakan, badan pusat statistik, dinas perhubungan, badan pertahanan nasional, dinas pertanahan, PT CHEVRON Riau, Puskom UNP,dll).
7.Buatah PROPOSAL PLI kepada perusahaan yang dituju.
8. Buatlah SURAT PERMOHONAN PLI yang ditujukan ke Unit hubungan industri.
9. Masukkan dalam 1 MAP semua persyaratan tersebut (KRS kelulusan MK, Matriks Nilai, Surat Permohonan PLI, dan Proposal PLI).
10. Diantar ke Ruangan Tata Usaha ( kalau di Elektronika bpak. Rahmansyah), Pak Man akan membantu kita mendapatkan pengesahan / tanda tangan dari koordinator PLI tingkat jurusan.
11. Pada saat persyaratan kita berikan kepada Pak Man, maka pak man akan mencek ulang dosen pembimbing yang kita ajukan dalam proposal, jika dosen tersebut sudah mengampu 5 atau 6 mahasiswa, maka kita disuruh mengganti dengan melihat pada daftar dosen yang ada di ruangan pak man,kemudian lakukan revisi dan antar kembali ke ruangan pak man. dan kita tunggu hari berikutnya untuk pengambilan persyaratan.
12. Setelah persyaratan tersebut kita ambil dari Pak rahmasyah, kita temui dosen pembimning yang kita ajukan dan minta pengesahan atau tanda tangan dari beliau tentang proposal dan lokasi PI yang kita ajukan, disini bisa saja kita disuruh revisi lagi sperti Lokasi PLI atau tata tulis.
13. Setelah proposal kita disetujui, kemudian kita meminta tanda tangan ketua jurusan.
14. Selanjutnya kita antar surat pengantar dan persyaratan lainnya ke UHI (Unit Hubungan Industri disamping kantin FT).
15. Selanjutnya pihak UHI akan membuatkan kita surat pengantar ke Perusahaan.
16. Kemudian kita antar surat pengantar tersebut ke perusahaan, dan menunggu balasan dari perusahaan.
17. Mengantar surat balasan perusahaan ke UHI dan menunggu jadwal PLI sesuai yang kita buat di proposal atau yang dijadwalkan perusahaan.
18. Menuju tempat PLI
19 SEMOGA SUKSES Adik2m

Jika Ada langkah2 pengurusan yang kurang silahkan langsung ke UHI untuk menanyakan prosedur atau pihak tata usaha, untuk lampiran bisa di download dibawah ini :

1. Surat Permohonan PLI
2. Matrik Historis Nilai
3. Proposal PLI
4. Dokumen Laporan PLI

 SUMBER : Pengalaman

1 comment: