Sunday, 16 March 2014

INFORMASI BEASISWA UNGGULAN KEMDIKBUD 2014 (BEASISWA S1,S2,S3 DALAM NEGERI & LUAR NEGERI)

Nah, ini yang selalu ditunggu - tunggu oleh semua orang, informasi beasiswa unggulan Dalam dan Luar negeri, berikut persyaratannya :

Persyaratan Program Beasiswa Unggulan
Silahkan mengisi formulir pendaftaran di halaman : www.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id
Kemdian Pilih Beasiswa Dalam atau Luar Negeri :

Persyaratan Beasiswa Unggulan Dalam Negeri

 
 
 Persyaratan Beasiswa Unggulan Luar Negeri
 
 
Mekanisme Beasiswa Unggulan
 

Friday, 14 March 2014

INFORMASI TATA CARA PENGURUSAN PRAKTEK LAPANGAN INDUSTRI (PLI) JURUSAN TEKNIK ELEKTRONIKA FT UNP

Urutan Langkah2 Pengurusan Praktek Lapangan Industri berdasarkan informasi dari teman2 yang sudah melaluinya :
1. Pastikan Sks sudah mencukupi 120sks / lebih
2. Print / Cetak KRS Semester 6
3. Jika Sks dibawah 120 , maka temui dosen pada mata kuliah yang nilanya belum keluar untuk minta di luluskan dengan membawa KRS semester 6 tersebut.
4.Jika nilanya BL, maka buat surat keterangan permohonan nilai kepada dosen ybs.
5.Setelah Sks terkumpul dan mencukupi, Buat MATRIKS NILAI Sesuai panduan akademik, jika ada yang nilainya belum keluar, namun dsudah diluluskan oleh dosen ybs, maka yang dimasukkan dalam matriks cukup sks nya saja, nilanya dikosongkan.Minta tanda tangan dosen penasehat akademik.
6.Survei Lokasi / Tempat yang memungkinkan menerima mahasiwa PLI, seperti (RRI, Semen padang, telkomsel, Indosat, Padang TV, singgalang, padang ekespress, balai kota, dinas pendidikan, dispora, kantor perpajakan, badan pusat statistik, dinas perhubungan, badan pertahanan nasional, dinas pertanahan, PT CHEVRON Riau, Puskom UNP,dll).
7.Buatah PROPOSAL PLI kepada perusahaan yang dituju.
8. Buatlah SURAT PERMOHONAN PLI yang ditujukan ke Unit hubungan industri.
9. Masukkan dalam 1 MAP semua persyaratan tersebut (KRS kelulusan MK, Matriks Nilai, Surat Permohonan PLI, dan Proposal PLI).
10. Diantar ke Ruangan Tata Usaha ( kalau di Elektronika bpak. Rahmansyah), Pak Man akan membantu kita mendapatkan pengesahan / tanda tangan dari koordinator PLI tingkat jurusan.
11. Pada saat persyaratan kita berikan kepada Pak Man, maka pak man akan mencek ulang dosen pembimbing yang kita ajukan dalam proposal, jika dosen tersebut sudah mengampu 5 atau 6 mahasiswa, maka kita disuruh mengganti dengan melihat pada daftar dosen yang ada di ruangan pak man,kemudian lakukan revisi dan antar kembali ke ruangan pak man. dan kita tunggu hari berikutnya untuk pengambilan persyaratan.
12. Setelah persyaratan tersebut kita ambil dari Pak rahmasyah, kita temui dosen pembimning yang kita ajukan dan minta pengesahan atau tanda tangan dari beliau tentang proposal dan lokasi PI yang kita ajukan, disini bisa saja kita disuruh revisi lagi sperti Lokasi PLI atau tata tulis.
13. Setelah proposal kita disetujui, kemudian kita meminta tanda tangan ketua jurusan.
14. Selanjutnya kita antar surat pengantar dan persyaratan lainnya ke UHI (Unit Hubungan Industri disamping kantin FT).
15. Selanjutnya pihak UHI akan membuatkan kita surat pengantar ke Perusahaan.
16. Kemudian kita antar surat pengantar tersebut ke perusahaan, dan menunggu balasan dari perusahaan.
17. Mengantar surat balasan perusahaan ke UHI dan menunggu jadwal PLI sesuai yang kita buat di proposal atau yang dijadwalkan perusahaan.
18. Menuju tempat PLI
19 SEMOGA SUKSES Adik2m

Jika Ada langkah2 pengurusan yang kurang silahkan langsung ke UHI untuk menanyakan prosedur atau pihak tata usaha, untuk lampiran bisa di download dibawah ini :

1. Surat Permohonan PLI
2. Matrik Historis Nilai
3. Proposal PLI
4. Dokumen Laporan PLI

 SUMBER : Pengalaman

Thursday, 13 March 2014

INFORMASI BEASISWA PPA dan BBP PPA (BBM LAMA) UNP 2014

Halo Sahabat Blue Buddiess, khususnya adek2 mahasiswa UNP yang berada pada BP 2011 dan 2012
Bahwa Pendaftaran beasiswa PPA dan BBP PPA (BBM LAMA) Sudah dibuka, dan kabar gembira bahwa mahasiswa reguler mandiri pun bisa mengurusnya tahun ini :) selamat ya adek2, namun informasi ini baru sampai dari Fakultas Teknik, untuk fakultas Lain mungkin bisa langsung ke kasubag kemahasiswaan Masing2 Fakultas.

Untuk Persyaratannya adalah sebagai berikut :

Persyarat Beasiswa PPA
  1. Jenjang S1/Diploma IV serendah-rendahnya pada semester III dan setinggi-tingginya pada semester VII.
  2. Jenjang Diploma III, serendah-rendahnya pada semester III dan setinggi-tingginya pada semester V.
  3. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
  4. Fotokopi KRS yang sedang berjalan
  5. Surat Keterangan Aktif Kuliah dari Pembantu Dekan III (sudah di sediakan di dalam blangko beasiswa yang di ambil di fakultas)
  6. Fotokopi piagam atau bukti prestasi lainnya (ko-kurikuler dan atau ekstra kurikuler) yang diselenggarakan oleh Kemdikbud dan atau organisasi lain baik pada tingkat Nasional, Regional, maupun Internasional.
  7. Surat Keterangan Tidak Menerima Beasiswa dari Pembantu Dekan III. (sudah di sediakan di dalam blangko beasiswa yang di ambil di fakultas)
  8. Historis Nilai yang di legalisir.
  9. Foto Kopi Kartu Keluarga.
  10. Surat keterangan penghasilan orang tua dari instansi tempat bekerja atau surat pernyataan penghasilan orang tua bermeterai bagi yang berwirausaha.
  11. Rekomendasi dari pimpinan Fakultas/Jurusan.
  12. Print Kredit Point, minimal 40 point.
  13. dll, akan di beritahukan segera.

Persyaratan Beasiswa BBP PPA (BBM Lama)

  1. Jenjang S1/Diploma IV serendah-rendahnya pada semester III dan setinggi-tingginya pada semester VII.
  2. Jenjang Diploma III, serendah-rendahnya pada semester III dan setinggi-tingginya pada semester V.
  3. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
  4. Fotokopi KRS yang sedang berjalan
  5. Surat Keterangan Aktif Kuliah dari Pembantu Dekan III. (sudah di sediakan di dalam blangko beasiswa yang di ambil di fakultas)
  6. Fotokopi piagam atau bukti prestasi lainnya (ko-kurikuler dan atau ekstra kurikuler) yang diselenggarakan oleh Kemdikbud dan atau organisasi lain baik pada tingkat Nasional, Regional, maupun Internasional.
  7. Surat Keterangan Tidak Menerima Beasiswa dari Pembantu Dekan III. (sudah di sediakan di dalam blangko beasiswa yang di ambil di fakultas)
  8. Historis Nilai yang di legalisir.
  9. Foto Kopi Kartu Keluarga.
  10. Surat keterangan penghasilan orang tua dari instansi tempat bekerja atau surat pernyataan penghasilan orang tua bermeterai bagi yang berwirausaha.
  11. Surat Keterangan Kurang Mampu, yang dikeluarkan oleh Lurah atau Wali Nagari.
  12. Rekomendasi dari pimpinan Fakultas/Jurusan.
  13. Print Kredit Point, minimal 40 point.
  14. dll, akan di beritahukan segera.

Informasi Lainnya silahkan hubungi KASUBAG KEMAHASISWAAN Fakultas Teknik UNP, Jangan lupa menggunakan Nametag sebagai syarat tanya jawab ke bagian Kasubag kemahasiswaan FT UNP.

Terima kasih sudah membaca Sahabat :) Follow my twitter : @BlueBuddiess dan PIN BBM : 746495EE

SUMBER : WEBSITE KEMAHASISWAAN FT UNP (www.kemahasiswaan.ft.unp.ac.id)